Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prodi Teknik Industri UID Peduli Mangrove (2021)

 


Indonesia merupakan negara kepulauan dengan garis pantai lebih dari 80.000 km. Dengan demikian, wilayah pesisir beserta sumber daya alamnya mempunyai peran yang penting bagi masyarakat pesisir. Selain itu, wilayah pesisir juga mempunyai potensi yang besar dalam menunjang pertumbuhan ekonomi negara, jika sumber daya alamnya diberdayakan dengan baik dan benar. Secara natural, wilayah pesisir merupakan wilayah yang dapat menjadi penyedia komoditas ikan, menjadi kawasan pariwisata, kawasan industri, dan perhubungan. Dengan demikian. penanganan dan pemberdayaan wilayah pesisir di Indonesia merupakan satu permasalahan penting yang harus dilakukan dengan baik dan benar.

Salah satu ekosistem yang banyak tumbuh di wilayah pesisir adalah ekosistem mangrove, selain dari ekosistem estuaria, padang lamun, dan terumbu karang, yang mempunyai banyak fungsi ekologis, ekonomis dan sosial. Ekosistem mangrove merupakan satu ekosistem yang komunitas tumbuhannya toleran terhadap garam. Ekosistem mangrove mempunyai fungsi ekologis dan ekonomi. Fungsi ekologis dari ekosistem mangrove adalah sebagai pelindung pantai dari abrasi, pengendali banjir, tempat hidup biota laut untuk berlindung, mencari makan, pemijahan maupun pengasuhan, sebagai sumber makanan bagi spesies-spesies yang ada, penambat zat beracun, penyerap karbon, sementara fungsi ekonomi dari ekosistem mangrove adalah ekosistem mangrove dapat dimanfaaatkan untuk penghasil bahan obat-obatan, sebagai penghasil bahan pangan seperti ikan, udang, kerang kepiting, serta sebagai tempat rekreasi dan wisata

Secara umum, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam pembangunan berkelanjutan. Melalui kegiatan ini, Prodi Teknik Industri - Universitas Islam Jakarta berkeinginan untuk menjadi salah satu pusat perubahan gerakan revolusi mental untuk mewujudkan perubahan sikap, perilaku, cara pikir, cara pandang, dan cara kerja civitas akademika dalam hal pelestarian lingkungan. Secara khusus, tujuan dari kegiatan ini adalah: 

1. Meningkatkan kepedulian dosen dan mahasiswa terhadap pentingnya pelestarian lingkungan pesisir

2. Melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon mangrove di wilayah pesisir Jakarta dan sekitarnya

3. Menggali potensi pemanfaatan mangrove bagi ekonomi dan industri


Download dokumen